Thursday, July 26, 2012

Diamond In The Rough


Dia namanya. Bukan nama aslinya. Karena kita akan memanggil dia dengan; dia.
Dia yang biasa. Terlalu biasa untuk dipandang orang-orang lain. Mereka itu bersinar seperti berlian mahal, membuat matamu sakit. Oleh sinar dan harganya.

Dia tidak banyak bicara. Karena tidak pandai dalam bicara--walaupun zodiaknya menyatakan dengan jelas bahwa ia cukup humoris untuk membuat perutmu terkocok----hingga ia sering sekali terlempar dari kerumunan. Membawanya ke sudut-sudut ruangan, tempat yang sebenarnya dia berada. Yang kosong dan sepi. 
Kita seharusnya prihatin, merasa iba. Begitu pula dengan hal yang diinginkannya. Namun mereka itu hanya manusia. Yang mereka tahu adalah tidak tahu.

Dia tidak terlihat namun segilintir masih bisa melihat bayangannya. Tapi dia kini sedang mencoba menghilang selama ia bisa. Kau tak akan melihatnya lagi, ia menjamin akan yang satu itu.
Dia tahu dia merasa tidak nyaman. Bagaimana ingin merasa nyaman jika tak seorangpun yang benar-benar ingin mendengar ceritamu? Bahkan untuk sempat memikirkannya saja tidak. Tubuh mereka itu bukan semuanya telinga namun corong. Jelas saja untuk memperkeras cerita mereka agar lebih didengar, kalau bisa sampai belahan dunia. 
Itu manusia. Dia pun juga manusia. Dia juga ingin didengar tapi tak sebanyak itu.

Dia tidak berharap apa-apa. Meski aku tahu ia sangat menginginkannya. Bahwa dia ada, seseorang diluar sana yang siaga mendengar dengan tubuh penuh telinga. Melihat dia, sebuah berlian dalam bentuk kasar. Yang akan berkilauan tepat waktunya. 

Dia pikir mustahil. Tapi aku ingin bahwa dia tahu aku mempercayainya.
Bahwa dia yang aku dan kita berdua bisa menemukan seseorang itu.

"you can't keep the shiniest diamond for being admired." - Gerardo Martinez

3 comments: